1. PUSKESMAS SIDOHARJO MENUJU PUSKESMAS SANTUN USILA
BAB I
PENDAHULUAN
Puskesmas adalah satuan organisasi
fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh,
terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran
serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil penggembangan ilmu pengetahuan dan
tehnologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan
masyarakat.
Puskesmas mempunyai tanggung jawab
untuk membangun kesehatan masyarakat guna tercapainya derajat kesehatan,
termasuk keadaan gizi masyarakat yang baik dalam rangka peningkatan kualitas
dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat.
Masyarakat dikatakan sehat atau
memiliki derajat kesehatan yang baik jika disuatu wilayah angka kesakitan dan
angka kematian terhadap suatu penyakit rendah, masyarakat mempunyai ststus gizi
yang baik, dan hidup dalam lingkungan yang sehat serta mampu menjangkau dan
mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu.
Sebagai negara berkembang Indonesia
masih memiliki masalah kesehatan yang cukup serius yang berhubungan dengan
penyakit infeksi, reproduksi wanita dan gizi.Disamping itu masalah non infeksi
dan degeneratif yang mulai menimbulkan penyakit.
Puskesmas Sidoharjo merupakan bagian
dari sistem pembangunan kesehatan di
Tulang Bawang, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun kesehatan
masyarakat di wilayah kerjanya bersama-sama dengan masyarakat yang dibinanya
secara optimal. Dengan dukungan 2 Puskesmas Pembantu (Pustu), 8 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), dan 15
Kampung binaan, Puskesmas Sidoharjo menjadi tombak pelayanaan dan pembinaan
kesehatan masyarakat Kampung.
Merupakan tugas dan tanggung jawab
seluruh komponen yang ada di Puskesmas Sidoharjo untuk meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat diwilayah kerja Puskesmas Sidoharjo.Melalui penemuan
morbiditas, meneliti penyakit, perbaikan status gizi serta membina, memotivasi
dan membimbing masyarakat untuk membangun kesehatannya.
Dengan melakukan identifikasi masalah
kesehatan dan perencanaan tingkat puskesmas yang matang, serta action yang
tepat melalui kegiatan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif,
puskesmas dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian yang pada
akhirnya akan mencapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat diwilayah
kerjanya.
BAB II
ANALISIS
SITUASI
2.1. Analisa Situasi Umum
2.1.a. Geografi
Puskesmas
Sidoharjo terletak di kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang, dengan
luas wilayah 175.000 KM2. Adapun batas wilayah kerja Puskesmas Sidoharjo adalah
sebagai berikut :
a.
sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Mesuji Timur
b.
sebelah selatan berbatasan dengan Puskesmas Makartitama
c.
sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Penawar Aji
d.
sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Banjar
Margo
Keadaan tanahnya
sebagian besar adalah dataran dengan dikelilingi perkebunan.
Wilayah kerja
Puskesmas Sidoharjo meliputi 15 Kampung,
yaitu:
1.
Kampung
Sidoharjo
2.
Kampung
Sidomulyo
3.
Kampung
Tri Jaya
4.
Kampung
Tri Rejomulyo
5.
Kampung
Bogatama
6.
Kampung
Tri Tunggal Jaya
7.
Kampung
Wiratama
8.
Kampung
Sidodadi
9.
Kampung
Pulo Gadung
10. Kampung Dwi Mulyo
11. Kampung Sidomakmur
12. Kampung Tri Karya
13. Kampung Rejo Sari
14. Kampung Wira Agung Sari
15. Kampung Persiapan Air Merah
Sebagian wilayahnya dapat
dijangkau oleh kendaraan roda empat dan hampir seluruhnya dapat dilalui
kendaraan roda dua.Kondisi jalan ditiap Kampung sebagian besar tanah.Keadaan
ini merupakan tantangan tersendiri bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan
sarana kesehatan, maupun bagi tenaga kesehatan yang akan menjangkau pelosok
daerah tersebut terutama pada musim hujan.
2.1.b. Topografi
Jumlah penduduk wilayah kerja
Puskesmas Sidoharjo Tahun 2012 sebanyak `28468
jiwa dengan jumlah kepala keluarga 7698
jiwa dan jumlah rumah sebanyak 7264
rumah.
Berikut Grafik Persebaran Penduduk
Perkampung di Wilayah Kerja Puskesmas Sidoharjo :
Sumber : SP2TP Puskesmas
Sidoharjo tahun 2012
Dengan jumlah penduduk perKampung
sebagai berikut : Kampung Sidoharjo 4009 jiwa, Kampung Sidomulyo
3293 jiwa, Kampung Tri Jaya 1490 jiwa, Kampung Tri Tunggal Jaya 2359 jiwa,
Kampung Tri Rejo Mulyo 2992 jiwa, Kampung Bogatama 3742 jiwa, Kampung Wiratama
1909 jiwa, Kampung Sidodadi 1637 jiwa,
Kampung Pulo Gadung 867 jiwa, Kampung Sidomakmur 1280 jiwa, Kampung Dwi Mulyo
1142 jiwa, Kampung Tri Karya 1221 jiwa, Kampung Rejosari 1662 jiwa, Kampung
Wira Agung Sari 1008 jiwa.
Jumlah penduduk usila wilayah kerja
Puskesmas Sidoharjo berjumlah : 1958 dengan persebaran penduduk sbb :
NO
|
KAMPUNG
|
USILA
|
1
|
SIDOHARJO
|
276
|
2
|
SIDOMULYO
|
221
|
3
|
BOGATAMA
|
275
|
4
|
TRI REJO MULYO
|
215
|
5
|
TRI TUNGGAL JAYA
|
164
|
6
|
WIRATAMA
|
133
|
7
|
TRIJAYA
|
103
|
8
|
PULO GADUNG
|
80
|
9
|
SIDODADI
|
113
|
10
|
WIRA AGUNG SARI
|
69
|
11
|
REJOSARI
|
80
|
12
|
TRIKARYA
|
84
|
13
|
SIDO MAKMUR
|
88
|
14
|
DWI MULYO
|
79
|
JUMLAH
|
1958
|
Sumber : SP2TP Puskesmas
Sidoharjo tahun 2012
Berikut Grafik Persebaran Penduduk Usila
Perkampung di Wilayah Kerja Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
Sumber : SP2TP Puskesmas
Sidoharjo tahun 2012
Berikut
Grafik prosentase Persebaran Penduduk Usila Perkampung di Wilayah Kerja
Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
Sumber
: SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
1.2.
Angka kesakitan (Morbiditas)
1.
Jumlah kunjungan pasien perbulan
Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
No.
|
Bulan
|
Pasien umum
|
Pasien Usila
|
1.
|
Januari
|
389
|
107
|
2.
|
Februari
|
452
|
125
|
3.
|
Maret
|
578
|
193
|
4.
|
April
|
638
|
242
|
5.
|
Mei
|
525
|
163
|
6.
|
Juni
|
809
|
300
|
7.
|
Juli
|
539
|
207
|
8.
|
Agustus
|
489
|
167
|
9.
|
September
|
508
|
137
|
10.
|
Oktober
|
581
|
223
|
11.
|
November
|
533
|
216
|
12.
|
Desember
|
539
|
197
|
Jumlah
|
6580
|
2271
|
Berikut
Grafik Jumlah kunjungan pasien umum dan usila perbulan Puskesmas Sidoharjo tahun
2012
Sumber : SP2TP
Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
2.
10 Penyakit Terbesar
Angka kesakitan (morbiditas) adalah
jumlah orang yang terkena suatu penyakit tertentu. Ada 2 macam cara yang digunakan untuk
mengukur angka kesakitan yaitu Insiden
Rate dan Prevalency Rate.
Tabel di bawah ini menunjukan angka
kesakitan 10 penyakit terbesar di Puskesmas Sidoharjo. Dari data tersebut dapat
diketahui 10 pola penyakit masih di dominasi penyakit-penyakit menular yang
disebabkan lingkungan.
Tabel angka kesakitan 10 penyakit
terbesar di Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
NO
|
NAMA
PENYAKIT
|
2012
|
|
jumlah
|
%
|
||
1
|
Penyakit Saluran Pencernaan
|
1197
|
26,31
|
2
|
ISPA ( Comoon coold,Paringitis,Tonsilitis dll )
|
764
|
16,79
|
3
|
Diare
|
671
|
14,75
|
4
|
Gimul
|
451
|
9,91
|
5
|
Hipertensi
|
308
|
6,77
|
6
|
Malaria Klinis
|
188
|
4,13
|
7
|
THT
|
183
|
4,02
|
8
|
Penyakit Susunan Syaraf ( Cepalgia, Migran )
|
147
|
3,23
|
9
|
Mata
|
105
|
2,31
|
10
|
Kulit
|
62
|
1,36
|
Jumlah
|
4076
|
89,58
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo
tahun 2012
Dari 4076 penderita, jumlah kunjungan
penderita usila di Puskesmas Sidoharjo cukup tinggi yaitu :910 penderita yang
terdaftar sebagai penderita usila.
- Daftar kunjungan usila di Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
Berikut ini daftar kunjungan usila per
bulan Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
No.
|
Bulan
|
Jumlah 2011
|
Jumlah 2012
|
1.
|
Januari
|
78
|
107
|
2.
|
Februari
|
69
|
125
|
3.
|
Maret
|
82
|
193
|
4.
|
April
|
80
|
242
|
5.
|
Mei
|
74
|
163
|
6.
|
Juni
|
64
|
300
|
7.
|
Juli
|
71
|
207
|
8.
|
Agustus.
|
49
|
167
|
9.
|
September
|
86
|
137
|
10.
|
Oktober
|
94
|
223
|
11.
|
November
|
92
|
216
|
12.
|
Desember
|
71
|
197
|
Jumlah
|
910
|
2277
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
Grafik
kunjungan usila perbulan di Puskesmas
Sidoharjo tahun 2011, 2012
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2011
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
Daftar
10 penyakit terbesar yang diderita usila di Puskesmas Sidohartjo.
tahun 2011.
NO
|
NAMA PENYAKIT
|
JUMLAH 2011
|
2012
|
1
|
Rematik
|
283
|
578
|
2
|
Hipertensi
|
201
|
498
|
3
|
Gastritis
|
135
|
357
|
4
|
ISPA
|
120
|
288
|
5
|
Penyakit Susunan Syaraf(Cepalgia,Migrain)
|
60
|
157
|
6
|
Gigi dan mulut
|
52
|
142
|
7
|
DM non insulin
|
24
|
75
|
8
|
Penyakit mata
|
20
|
60
|
9
|
Penyakit kulit
|
10
|
52
|
10
|
Hemoroid
|
5
|
25
|
Penyakit lain
|
12
|
45
|
|
Jumlah
|
910
|
2277
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
Berikut
ini adalah Grafik sepuluh Penyakit terbesar yang diderita usila
di
Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2011, 2012
Berikut
ini adalah Grafik prosentase sepuluh Penyakit terbesar yang diderita usila di
Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
2.3 Analisis Program dan Pelayanan Kesehatan
a. Keadaan Fasilitas Kesehatan
Tabel Fasilitas
Kesehatan Puskesmas Sidoharjo tahun 2012.
NO
|
JENIS FASILITAS
|
JUMLAH
|
1
|
Puskesmas
|
1
|
2
|
Puskesmas
Pembantu
|
2
|
3
|
Gudang Obat
|
1
|
4
|
Laboratorium
Sederhana
|
1
|
5
|
Polindes
|
4
|
6
|
Rumah
Bersalin
|
2
|
7
|
Bidan
Praktek Swasta
|
15
|
8
|
Praktek
Dokter
|
1
|
9
|
Apotik
|
1
|
11
|
Toko Obat
Terdaftar
|
-
|
Poskesdes
|
8
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
b. Keadaan Sumber Daya Tenaga Kesehatan
Tabel Sumber Daya Tenaga Kesehatan Puskesmas
Sidoharjo tahun 2012
NO
|
JENIS
FASILITAS
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1
|
Dokter Umum
|
1
|
-
|
2
|
Dokter Gigi
|
1
|
-
|
3
|
Sarjana
Kesehatan Masyarakat
|
-
|
-
|
4
|
Gizi
|
-
|
-
|
5
|
Farmasi
|
-
|
-
|
6
|
Promkes
|
1
|
|
7
|
Kesehatan
Lingkungan
|
1
|
-
|
8
|
Analisis
Kesehatan
|
1
|
-
|
9
|
Perawat
Gigi
|
1
|
-
|
10
|
Perawat
(SPK ,Akper ,S.Kep.Ns)
|
10
|
-
|
11
|
Bidan Puskesmas dan Bidan Kampung
|
20
|
-
|
12
|
Administrasi
|
1
|
-
|
13
|
Lain-lain
|
1
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
c. Keadaan UKBM
Tabel
Keadaan UKBM Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
NO
|
JENIS FASILITAS
|
JUMLAH
2012
|
JUMLAH
2013
|
1
|
KPKIA
|
2
|
|
2
|
Posyandu
Balita
|
15
|
|
3
|
PSI
|
1
|
|
4
|
KKB
|
5
|
|
5
|
Posyandu
usila
|
14
|
|
6
|
TOGA
|
1
|
|
7
|
Dana Sehat
|
1
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
- Keadaan Peralatan Kesehatan
Hampir semua peralatan telah
terpenuhi sebagai standar puskesmas rawat jalan.
- Analisis Pemenuhan Kebutuhan Obat
Permintaan pengadaan obat Puskesmas ke
Dinas Kesehatan Tulang Bawang dilakukan melalui perencanaan dan permintaan dari
puskesmas pembantu berdasarkan kasus penyakit yang ada dan jumlah kunjungan
pasien dan ditambah 15% sebagai cadangan obat. Cadangan obat 15% digunakan jika
terjadi peningkatan jumlah kunjungan atau jika terjadi KLB di wilayah Puskesmas
Sidoharjo.
Adapun kendala yang dihadapi adalah
pemberian obat dari Dinas Kesehatan Tulang Bawang yang mendekati Expire Date,
Sehingga penggunaan obat tidak maksimal.
- Analisis Pembiayaan Sektor Kesehatan
Sumber Dana Kesehatan Sidoharjo tahun
2012
NO
|
SUMBER
DANA
|
ANGGARAN
2012
|
1.
|
Dana
Operasianal
|
|
2.
|
Dana
BOK
|
|
3.
|
dana
Jampersal & jamkesmas
|
|
4.
|
Jamkesta
|
|
Jumlah
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
Diwilayah kerja Puskesmas Sidoharjo
pada tahun 2011 terdapat 7 buah posyandu usila tetapi yang masih aktif
melaksanakan kegiatan dan pelayananan posyandu hanya 3 posyandu yaitu Posyandu
di kampung Tri jaya, Tri Tunggal jaya dan Wiratama.
Dari ketiga posyandu usila yang aktif
tersebut juga belum dapat melaksanakan kegiatan posyandu secara baik dan benar.
Hal itu dikarenakan kurangnya fasilitas, peralatan, dana SDM petugas puskesmas
yang kurang dan kurangnya pembinaan dari Dinas Kesehatan kabupaten Tulang
bawang.
Pada tahun 2012 kegiatan Posyandu
Usila sudah berjalan dan dilaksanakan di 14 kampung.
Daftar
posyandu usila perkampung di wilayah kerja PKM Sidoharjo
NO
|
NAMA
KAMPUNG
|
NAMA POSYANDU
|
2011
|
JAN-JUNI
2012
|
||
AKTIF
|
TIDAK
AKTIF
|
AKTIF
|
TIDAK
AKTIF
|
|||
1
|
SIDOHARJO
|
PURNA
HARAPAN
|
Tidak
aktif
|
Aktif
|
||
2
|
SIDOMULYO
|
PURNA
KARYA 1
|
Tidak
aktif
|
Aktif
|
||
3
|
BOGATAMA
|
TUNAS
PURNA BANGSA
|
Tidak
aktif
|
Aktif
|
||
4
|
TRI
REJO MULYO
|
PURNA
JAYA1
|
Tidak
aktif
|
Aktif
|
||
5
|
TRI
TUNGGAL JAYA
|
PURNA
MELATI 1
|
Tidak
aktif
|
Aktif
|
||
6
|
WIRATAMA
|
PURNA
MELATI 2
|
aktif
|
Aktif
|
||
7
|
TRIJAYA
|
PURNA
DARMA
|
aktif
|
Aktif
|
||
8
|
PULO
GADUNG
|
PURNA BANGSA
|
Aktif
|
|||
9
|
SIDODADI
|
PURNA HARAPAN
|
Aktif
|
|||
10
|
WIRA
AGUNG SARI
|
PURNA SENTOSA
|
Aktif
|
|||
11
|
REJOSARI
|
PURNA WISMA
|
Aktif
|
|||
12
|
TRIKARYA
|
PURNA KARYA 2
|
Aktif
|
|||
13
|
SIDO
MAKMUR
|
PURNA BHAKTI
|
Aktif
|
|||
14
|
DWI
MULYO
|
PURNA SEJAHTERA
|
Aktif
|
|||
JUMLAH
|
2
|
5
|
14
|
Sumber : SP2TP Puskesmas Sidoharjo tahun 2012
2.4 Tujuan.
1. Tujuan Umum.
- Peningkatan UHH (Usia Harapan hidup)
- Membantu mengatasi permasalahan usila yang sangat kompleks karena kemunduran fisik-biologik, mental maupun sosioekonomi
- Membantu mengatasi masalah kesehatan usila yaitu penyakit degeneratif yg bersifat kronis dan multipatologis à yg penanganannya lama dan biaya tinggi
2
Tujuan khusus.
- Puskesmas dapat melakukan Skrining yankes pada 30 % usila
- Puskesmas mampu melaksanakan Skrining yankes 100% usila dipanti Werda
- Puskesmas Sidoharjo bisa melaksanakan melaksanakan konseling usila dimasa yang akan datang
- Puskesmas Sidoharjo bisa melaksanakan melaksanakan pembinaan kelompok usila diwilayah kerjanya.
- Puskesmas Sidoharjo bisa melaksanakan pembentukan kelompok usila dan melakukan pembinaan kelompok usilayang dibentuk diwilayah kerjanya.
- Puskesmas Sidoharjo bisa melaksanakan dan membina kegiatan senam usila
- Puskesmas Sidoharjo bisa melakukan yankes kepada kelompok pra-usila dan usila yang mengutamakan aspek promotif dan preventip
- Menjadikan Puskesmas Sidoharjo Puskesmas Santun Usila
- Pro-aktif
- Memberi kemudahan
proses pelayanan :
* fasilitas loket
* ruang pemeriksaan tersendiri
(disesuaikan dgn
kondisi)
- Santun
- Yankes
oleh Nakes Profesional yang dikoordinasikan oleh pengelola program usila di
Puskesmas den bekerjasama dgn LS
- Melaksanakan
Yankes dengan standar yang berlaku
2. KESEHATAN IBU DAN ANAK
Pengertian
Upaya kesehatan
Ibu dan Anak adalah upaya di bidang kesehatan
yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu
menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah.
Pemberdayaan
Masyarakat bidang KIA merupakan upaya memfasilitasi masyarakat untuk
membangun sistem kesiagaan masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat
darurat dari aspek non klinis terkait kehamilan dan persalinan
Sistem
kesiagaan merupakan sistem tolong-menolong, yang dibentuk dari, oleh dan
untuk masyarakat, dalam hal penggunaan alat transportasi/ komunikasi (telepon
genggam, telpon rumah), pendanaan, pendonor darah, pencatatan-pemantaun dan
informasi KB.
Dalam
pengertian ini tercakup pula pendidikan kesehatan kepada masyarakat,
pemuka masyarakat serta menambah keterampilan para dukun bayi serta pembinaan
kesehatan di taman kanak-kanak.
Tujuan
1.
Tujuan Umum
Tujuan
program kesehatan ibu dan anak adalah tercapainya kemampuan hidup sehat
melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu dan keluarganya
untuk atau mempercepat pencapaian target Pembangunan
Kesehatan Indonesia yaitu Indonesia Sehat 2010, serta
meningkatnya derajat kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang optimal
yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya.
2.
Tujuan Khusus
a.
Meningkatnya kemampuan ibu (pengetahuan, sikap dan perilaku) dalam mengatasi
kesehatan diri dan keluarganya dengan menggunakan teknologi tepat guna dalam
upaya pembinaan kesehatan keluarga, Desa Wisma, penyelenggaraan Posyandu dan
sebagainya.
b.
Meningkatnya upaya pembinaan kesehatan balita dan anak prasekolah secara
mandiri di dalam lingkungan keluarga, Desa Wisma, Posyandu dan Karang Balita,
serta di sekolah TK.
c.
Meningkatnya jangkauan pelayanan kesehatan bayi, anak balita, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan ibu
menyusui.
d.
Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu bersalin, ibu
nifas, ibu menyusui, bayi dan anak balita.
e.
Meningkatnya kemampuan dan peran serta masyarakat, keluarga dan seluruh
anggotanya untuk mengatasi masalah kesehatan ibu, balita, anak prasekolah,
terutama melalui peningkatan peran ibu dalam keluarganya.
Kegiatan
1.
Pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan menyusui serta bayi, anak balita dan
anak prasekolah.
2.
Deteksi dini faktor resiko ibu hamil.
4.
Imunisasi Tetanus Toxoid 2 kali pada ibu hamil serta BCG, DPT 3 kali, Polio 3
kali
dan
campak 1 kali pada bayi.
5.
Penyuluhan kesehatan meliputi berbagai aspek dalam mencapai tujuan program
KIA.
6.
Pengobatan bagi ibu, bayi, anak balita dan anak pra sekolah untuk macam-macam
penyakit ringan.
7.
Kunjungan rumah untuk mencari ibu dan anak yang memerlukan pemeliharaan serta
bayi-bayi yang lahir ditolong oleh dukun selama periode neonatal (0-30 hari)
8.
Meningkatkan kegiatan Kelas ibu bagi ibu hamil.
9.
Pengawasan dan bimbingan kepada taman kanak-kanak dan para dukun bayi serta
kader-kader
kesehatan.
Sistem kesiagaan di bidang KIA di
tingkat masyarakat terdiri atas :
1.
Sistem pencatatan-pemantauan
2.
Sistem transportasi-komunikasi
3.
Sistem pendanaan
4.
Sistem pendonor darah
5.
Sistem Informasi KB.
Proses
Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA ini tidak hanya proses memfasilitasi
masyarakat dalam pembentukan sistem kesiagaan itu saja, tetapi juga merupakan
proses fasilitasi yang terkait dengan upaya perubahan perilaku, yaitu:
1. Upaya mobilisasi sosial untuk menyiagakan
masyarakat saat situasi gawat
darurat, khususnya untuk membantu ibu
hamil saat bersalin.
2.
Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menurunkan angka
kematian maternal.
3.
Upaya untuk menggunakan sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat dalam
menolong perempuan saat hamil dan persalinan.
4.
Upaya untuk menciptakan perubahan perilaku sehingga persalinan dibantu oleh
tenaga kesehatan profesional.
5.Merupakan
proses pemberdayaan masyarakat sehingga mereka mampu mengatasi masalah mereka
sendiri.
6.
Upaya untuk melibatkan laki-laki dalam mengatasi masalah kesehatan maternal.
7.
Upaya untuk melibatkan semua pemanggku kepentingan (stakeholders) dalam
mengatasi masalah kesehatan.
Karena
itu Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA ini berpijak pada konsep-konsep berikut
ini
Revitalisasi
praktek-praktek kebersamaan sosial dan nilai-nilai tolong menolong, untuk
perempuan saat hamil dan bersalin.
1.
Merubah pandangan: persalinan adalah urusan semua pihak, tidak hanya urusan
perempuan.
2.
Merubah pandangan: masalah kesehatan tidak hanya tanggung jawab pemerintah
tetapi merupakan masalah dan tanggunjawab masyarakat.
3.
Melibatan semua pemangku kepentingan (stakeholders) di masyarakat.
4.
Menggunakan pendekatan partisipatif.
5.
Melakukan aksi dan advokasi.
Siklus
proses yang memberikan masyarakat kesempatan untuk memahami kondisi mereka
dan melakukan aksi dalam mengatasi masalah mereka ini disebut dengan
pendekatan belajar dan melakukan aksi bersama secara partisipatif
(Participatory Learning and Action -PLA). Pendekatan ini tidak hanya
memfasilitasi masyarakat untuk menggali dan mengelola berbagai komponen,
kekuatan-kekuatan dan perbedaan-perbedaan, sehingga setiap orang memiliki
pandangan yang sama tentang penyelesaian masalah mereka, tetapi pendekatan
ini juga merupakan proses mengorganisir masyarakat sehingga mereka mampu
untuk berpikir dan menganalisa dan melakukan aksi untuk menyelesaikan masalah
mereka. Ini adalah proses pemberdayaan masyarakat sehingga mereka mampu
melakukan aksi untuk meningkatkan kondisi mereka. Jadi, ini merupakan proses
dimana masyarakat merubah diri mereka secara individual dan secara kolektif
dan mereka menggunakan kekuatan yang mereka miliki dari energi dan kekuatan
mereka (Hartock, 1981).
Didalam
konteks pembentukan sistem kesiagaan, pertama-tama masyarakat perlu untuk
memahami dan menganalisa kondisi kesehatan mereka saat ini, seperti kondisi
kesehatan ibu; kesehatan bayi baru lahir, kesehatan bayi, pelayanan
kesehatan, dan berbagai hubungan dan kekuasaan yang memperngaruhi kondisi
tersebut agar mereka mampu untuk melakukan aksi guna memperbaiki kondisi
tersebut berdasarkan analisa mereka tentang potensi yang mereka miliki. Untuk
memfasilitasi mereka agar berpikir, menganalisa dan melakukan aksi, proses
fasilitasi dan warga yang berperan melakukan fasilitasi sangat diperlukan.
Selain itu, warga yang berperan memfasilitasi masyarakatnya membutuhkan
pemahaman tidak hanya tentang konsep Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA
tetapi juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan metode dan
alat-alat partisipatif. Jadi, pendekatan yang diaplikasikan dalam
Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA ini akan menentukan proses dan kegiatan
berikutnya dalam keseluruhan proses Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA ini.
Desa
Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah
dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi
menimbulkan kejadian luar biasa, kejadian bencana, kecelakaan dan lain-lain
dengan memanfaatkan potensi setempat, secara gotong royong.
Selain
sebagai upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada
masyarakat, pengembangan Desa Siaga juga mencakup upaya peningkatan
kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi masalah-masalah
kesehatan, memandirikan masyarakat dalam mengembangkan perilaku hidup bersih
dan sehat. Inti dari kegiatan Desa Siaga adalah memberdayakan masyarakat agar
mau dan mampu untuk hidup sehat.
Memperhatikan
tujuan dan ruang lingkup pengembangan Desa Siaga tersebut, maka Pemberdayaan
Masyarakat bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan salah satu komponen
yang penting dalam pencapaian tujuan Desa Siaga dalam hal penurunan Angka
Kematian Ibu dan Bayi.
Manajemen Kegiatan KIA
Pemantauan
kegiatan KIA dilaksanakan melalui Pemantauan Wilayah Setempat - KIA
(PWS-KIA)
dengan batasan :
Pemantauan
Wilayah Setempat KIA adalah alat untuk pengelolaan kegiatan KIA serta alat
untuk motivasi dan komunikasi kepada sektor lain yang terkait dan
dipergunakan untuk pemantauan program KIA secara teknis maupun non teknis.
Melalui
PWS-KIA dikembangkan indikator-indikator pemantauan teknis dan non teknis,
yaitu
:
1.
Indikator Pemantauan Teknis :
Indikator
ini digunakan oleh para pengelola program dalam lingkungan kesehatan yang
terdiri
dari :
a.
Indikator Akses
b.
Indikator Cakupan Ibu Hamil
c.
Indikator Cakupan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan
d.
Indikator Penjaringan Dini Faktor Resiko oleh Masyarakat
e.
Indikator Penjaringan Faktor resiko oleh Tenaga Kesehatan
f.
Indikator Neonatal.
2.
Indikator Pemantauan Non teknis :
Indikator
ini dimaksudkan untuk motivasi dan komunikasi kemajuan maupun masalah
operasional kegiatan KIA kepada para penguasa di wilayah, sehingga dimengerti
dan mendapatkan bantuan sesuai keperluan. Indikator-indikator ini
dipergunakan dalam berbagai tingkat administrasi, yaitu :
a.Indikator
pemerataan pelayanan KIA
Untuk
ini dipilih indikator AKSES (jangkauan) dalam pemantauan secara teknis
memodifikasinya menjadi indikator pemerataan pelayanan yang lebih dimengerti
oleh para penguasa wilayah.
b.
Indikator efektivitas pelayanan KIA :
Untuk
ini dipilih cakupan (coverage) dalam pemantauan secara teknis dengan
memodifikasinya menjadi indikator efektivitas program yang lebih dimengerti
oleh para penguasa wilayah.
Kedua
indikator tersebut harus secara rutin dijabarkan per bulan, per desa serta
dipergunakan dalam pertemuan-pertemuan lintas sektoral untuk menunjukkan
desa-desa mana yang masih ketinggalan.
Pemantauan
secara lintas sektoral ini harus diikuti dengan suatu tindak lanjut yang
jelas dari para penguasa wilayah perihal : peningkatan penggerakan masyarakat
serta penggalian sumber daya setempat yang diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar